Sabtu, 22 Mei 2010

Para Wartawan Asing Di China Diserang Hacker Via Email


Dampak dari perselisihan antara Google dengan pemerintah China yang kian memanas akhir-akhir ini, ternyata telah berimbas ke pihak lain. Dan anehnya hal ini terjadi terhadap para wartawan asing yang menggunakan fasilitas layanan yang diberikan oleh Google.
Berkaitan dengan itu, sebuah asosiasi jurnalis yang bekerja di China baru-baru ini menyatakan keluhannya terhadap kiriman email yang masuk ke alamat account Gmail para anggotanya.
Kejadian ini berawal saat Foreign Correspondents Club of China mengatakan penulis dalam beberapa biro di Beijing telah menemukan bahwa email mereka sedang diteruskan ke alamat orang asing. Salah satunya adalah Associated Press, sedangkan yang lainnya belum bernama.
Mereka menduga ini semua merupakan tindakan dari para hacker di China yang ingin membuat tidak nyaman bagi para orang asing khususnya wartawan asing yang bertugas di sana. Sejauh ini pihaknya hanya mengingatkan kepada para anggotanya yang bertugas di China sehubungan pihaknya telah menjadi target khusus serangan hacker dalam dua tahun terakhir.
Maka dari itu, mulai sekarang para anggotanya diharap berhati-hati terhadap link yang terdapat pada isi email kiriman tersebut, selain itu, juga perlu diseleksi terlebih dahulu lampiran (attachment) email apa yang dibuka, dan jangan lupa menjalankan pemeriksaan virus secara teratur.
Berita ini muncul hanya beberapa hari setelah serangan serupa terhadap Google, termasuk infiltrasi account Gmail pekerja hak asasi manusia. Serangan ini telah mendorong Google untuk mengancam hengkang dari China sama sekali.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar